Jumat, 23 Agustus 2013

PERBEDAAN MOTOR 4 TAK DAN 2 TAK (SMK YPT Pringsewu XII TKR 1)

PERBEDAAN MOTOR 4 TAK DAN 2 TAK


Berikut ini adalah perbedaan motor 2 tak di lihat dari cara kerja mesin  yaitu
  1. Untuk mendapatkan 1 kali tenaga hasil dari pembakaran gas, motor 2 tak ini memerlukan 2 kali gerakan piston naik dan turun, dengan sekali putar poros engkol Dimana penjelasannya yaitu:
1)      TAK 1 : proses masuknya gas, pemampatan dan pembakaran gas (piston bergerak dari TMB menuju TMA) 2)      TAK 2 : proses kerja, kompresi karter, buang dan cuci/bilas (piston bergerak ke bawah, TMA menuju TMB) Ditinjau dari jenis bahan bakar yang dipakai dan konstruksi silinder
  1. Bahan bakarnya selalu di campur dengan oli, baik secara langsung ke dalam tangki  bensin ataupun dengan cara terpisah.
  2. tidak memiliki katup, sebagai gantinya adalah red valve untuk mengatur masuknya gas ke dalam ruangan cylinder.
  3. Setiap piston hanya mempumyai 2 buah ring yaitu ring compressi I dan ring compressi II.
  4. Setiap cylindernya memiliki 2 macam compressi yaitu compressi cylinder (primer) dan carter(sekunder)
Kelebihan dan kekurangan motor 2 tak
  1. a. Keuntungan
1)      Proses pembakaran terjadi setiap putaran poros engkol, sehingga putaran poros engkol lebih halus untuk itu putaran lebih rata. 2)      Tidak memerlukan katup, komponen lebih sedikit, perawatan lebih mudah dan relatif murah 3)      Momen puntir untuk putaran lanjutan poros lebih kecil sehingga menghasilkan gerakan yang halus 4)      Bila dibandingkan dengan mesin empat langkah dalam kapasitas yang sama, tenaga yang dihasilkan lebih besar
  1. b. Kerugian
1)      Langkah masuk dan buang lebih pendek, sehingga terjadi kerugian langkah tekanan kembali gas buang lebih tinggi 2)      Karena pada bagian silinder terdapat lubang-lubang, timbul gesekan antara ring piston dan lubang akibatnya ring piston akan lebih cepat aus. 3)      Karena lubang buang terdapat pada bagian silinder maka akan mudah timbul panas 4)      Putaran rendah sulit diperoleh 5)      Memakai oli pelumas tambahan untuk campuran bahan bakar 

Berikut ini adalah perbedaan motor 4 tak di lihat dari cara kerja mesin  yaitu
  1. Untuk mendapatkan 1 kali tenaga hasil dari pembakaran gas, diperlukan 4x gerakan piston naik dan turun dengan 2 kali putaran poros engkol. Penjelasannya yaitu:
1)      TAK 1 : Gerak isap (piston bergerak dari TMA menuju TMB) 
2)      TAK 2 : Gerak kompresi/pemampatan (piston bergerak dari TMB menuju TMA) 
3)      TAK 3 : Gerak tenaga (piston bergerak dari TMA menuju TMB) 
4)      TAK 4 : Gerak Buang Sisa Pembakaran (piston bergerak dari TMB menuju TMA) Ditinjau dari jenis    bahan bakar yang dipakai dan konstruksi silinder
  1. Bahan bakarnya bensin/pertamax murni (tidak dicampur)
  2. Setiap cylindernya memiliki 2 buah atau 4 buah katup
  3. Cylindernya hanya memiliki 1 macam compressi yaitu compressi cylinder
  4. Setiap piston memiliki 3 buah ring yaitu : ring compressi I, ring compressi II, rong oli. Ketiga ring ini sangat berguna untuk membantu pelumasan pada piston.
Kelebihan dan kekurangan Motor 4 Tak
  1. a. Keuntungan
1)      Karena proses pemasukan, kompresi, kerja, dan buang prosesnya berdiri sendiri-sendiri sehingga lebih presisi, efisien dan stabil, jarak putaran dari rendah ke tinggi lebih lebar (500- 10000 rpm). 2)      Kerugian langkah karena tekanan balik lebih kecil dibanding mesin dua langkah sehingga pemakaian bahan bakar lebih hemat. 3)      Putaran rendah lebih baik dan panas mesin lebih dapat didinginkan oleh sirkulasi oli 4)       Langkah pemasukan dan buang lebih panjang sehingga efisiensi pemasukan dan tekanan efektif rata-rata lebih baik 5)      Panas mesin lebih rendah dibanding mesin dua langka
  1. Kerugian
1)      Komponen dan mekanisme gerak katup lebih kompleks, sehingga perawatan lebih sulit 2)       Suara mekanis lebih gaduh 3)       Langkah kerja terjadi dengan 2 putaran poros engkol, sehingga keseimbangan putar tidak stabil, perlu jumlah silinder lebih dari satu dan sebagai peredam getaran.

Cara Memperbaiki Gardan Bocor dan Mengganti Oil Gardan

 

gardan 








    Bagi mereka yang menggunakan mobil berpenggerak belakang, seperti jip, truk, MPV, pickup, bus dan sebagainya, selalu ada gardan. Gardan ini fungsinya meneruskan gerakan dari poros propeler ke sumbu roda belakang. Ada keunggulan mobil penggerak belakang dibandingkan dengan penggerak depan, yaitu roda berpenggerak belakang lebih stabil dan mantap handling-nya karena roda depan lebih bebas bergerak.

Usahakan mengganti oli gardan ini tiap 2x atau 3x ganti oli mesin. Atau tiap 10 ribu sampai 15 ribu KM sekali. Jika kurang oli atau ada disfungsi di bagian gardan ini, biasanya tenaga mesin menjadi drop, dan ada suara menderu di bagian bawah belakang mobil Anda. Mesin jadi boros bensin, dan tenaga ngempos.
Teknik lain untuk menguji apakah gardan sudah rusak atau perlu ditata adalah suhunya sangat tinggi. lni karena ada gesekan atau keausan. Jika ada alat-alat yang Iengkap, sebenarnya oli gardan ini bisa Anda perbaiki sendiri, yaitu dengan cara :

  1. Angkat mobil bagian belakang dengan dongkrak besar atau Anda bisa meletakkan mobil di tempat yang tengahnya berlubang, seperti yang ada di tempat cud tradisional, atau tempat ganti oli sehingga Anda bisa turun ke lubang tengah.
  2. Bersihkan gardan, Anda bisa menggunakan air bertekanan, penghilang gemuk, minyak tanah atau solar, untuk menghilangkan [Tanya* dan selang untuk menyemprotkan airnya.
  3. Lepas baut-baut pemegang tutup gardan, dimulai dari bawah baru ke atas.
  4. Jika temyata gardan sulit untuk dilepas, Anda bisa membukanya menggunakan obeng minus.
  5. Jika gardan tidak bocor dan hanya ingin ganti oil saja, Anda bisa membuka baut penguras gardan atau baut-baut bagian bawah gardan saja, sementara baut atasnya tidak usah dilepas.
  6. Sebelum gardan lepas benar, pastikan di bawahnya ada bak atau panci penampung oli.
  7. Buka tutup gardan, dan cek apakah roda-roda gigi di daiamnya tidak dalam kondisi rusak.
  8. Jika gasket tidak bisa dilepas, coba lepas menggunakan obeng minus, atau tang pengelupas. Gasket yang sudah tidak fungsionai adaiah penyebab gardan menjadi bocor.
  9. Bersihkan penutup gardan
  10. Bersihkan pula bagian dalam gardan dari serpihan¬serpihan besi dan oil sisa jika diperiukan.
  11. Seteiah semuanya selesai, Anda bisa memasang gasket baru, dan penutup gardan. Untuk mencegah kebocoran, Anda bisa menggunakan silikon khusus di penutup gardan, tapi ini opsional, tdak wajib hukumnya. Asalkan gasket sudah bagus, biasanya tidak bocor lagi.
  12. Setelah rapat, tinggal mengisi oli gardan, buka lubang pengisi oil gardan.
  13. Cara mengisi oil gardan ialah melaui lubang ini (That gambar 67) sampai luber. Jika luber berarti sudah penuh, tutup kembali lubang ini.
  14. Lepaskan dongkrak, hati-hati saat melakukannya, jangan sampai badan atau kepala Anda ada di bawah mobil.
  15. Coba jalankan mobil, dan tunggu sebentar apakah ada kebocoran di gardan.