Fungsi general komponen-komponen transmisi pada kendaraan mobil
Secara singkat fungsi transmisi yaitu…
  1. memilih dan mengatur momen mesin terhadap roda pada setiap kondisi jalan yang dilalui kendaraan supaya sesuai sehingga laju kendaraan bisaefektif dan optimal
  2. menentukan kecepatan maksimum kendaraan pada rangkaian mesinterhadap roda
  3. menentukan arah laju kendaraan (maju dan mundur)
Berikut ini adalah komponen-komponen dasar transmisi :
  1. Input shaft berungsi untuk meneruskan tenaga mekanis dari disc platemenuju unit transmisi
  2. Output shaft berungsi untuk meneruskan tenaga mekanis dariperbandingan putaran ke propeller shaft yang dihasilkan dari kombinasi counter gear dan roda gigi pada unit transmisi
  3. Gigi-gigi percepatan terdapat pada output shaft yang dapat berputar bebas terhadap putaran output shaft. Fungsi dari roda gigi ini adalah untuk menentukan gear ratio yang terjadi pada trasmisi dan akan merubah kecepatan atau moment yang keluar dari transmisi
  4. Counter gear dan shaft berfungsi untuk memindahkan tenaga mekanisdari input shaft ke gigi percepatan
  5. Reverse gear dan shaft berfungsi untuk merubah arah rotasi tenaga mekanis output shaft sehingga berlawanan dengan putaran input shaft agar kendaraan berjalan mundur
  6. Mekanisme synchromesh berfungsi untuk menghubungakan dan memindahkan moment dari input shaft ke output shaft melalui counter gear gigi percepatan mengadakan penyesuaian putaran olehsynchromesh ring dengan cara mengadakan pengereman pada gear percepatan dan brake angle sehingga memudahkan perkaitan antarasynchromesh gear dengan dog teeth oleh clutch hub sleeve pada unit sychromesh
    1. a.      Komponen synchromesh
      1. Clutch hub berkaitan dengan output shaft pada alur gigi nya sehingga apabila hub berputar maka output shaft juga turut berputar bersamaan
      2. Clutch hub sleeve yang bergerak vertical pada alur bagian luar clutch hub. Sedangkan bagian dari luar clutch hub sleeve berkaitan dengan shift fork, fungsi clutch hub sleeve adalah menghubungkan gigi-gigi percepatan dengan clutch hub melalui synchromesh.


  1.  
Berikut adalah rangkaian kerja transmisi manual 4 percepatan
a. pada saat netral

Jumlah gigi
21=18
22=22
23=27
24=31
25=35
26=26
27=21
28=15
R1=34
R2=15

Berikut rumus kecepatan =
N2 kec 1 : n1 =  = 1000 : 249 rpm

N2 kec 2 : n1 =  = 1000 : 400 rpm

N2 kec 3 : n1 =  = 1000 : 600 rpm

N2 kec 4 : 1/1 X 1000 = 1000 rpm

N2 kec R : n1 =  = 1000 : 272 rpm