Sabtu, 27 April 2013

Penyebab Overheat pada Mesin Mobil

Penyebab Overheat pada Mesin Mobil


Secara umum, panas mesin mobil yang berlebihan atau overheat akan membuat performa mobil menjadi terganggu dan dapat menyebabkan kerusakan yang fatal. Tetapi, sebenarnya hal tersebut dapat dideteksi sedini mungkin sehingga kita bisa menghindari terjadinya overheat ini.

Mobil mempunyai rata-rata suhu ideal mesin berkisar antara 80°C hingga 90°C secara umum. Namun, hal ini akan terasa mengganggu jika panas mesin terus meningkat, bahkan dapat mencapai angka 100°C.

Ada beberapa hal yang dapat mengakibatkan terjadinya panas yang berlebihan mesin mobil atau overheat ini. Salah satunya adalah karena sirkulasi air yang tidak maksimal. Selain itu, tersumbatnya putaran kipas atau radiator dan kotornya karburator juga dapat menyebabkan overheat. Komponen tersebut paling sering menjadi penyebab meningkatnya suhu mesin.

Jika hal tersebut terjadi, langkah yang perlu dilakukan adalah memperhatikan kerja dari komponen yang telah disebutkan di atas tadi dengan memperhatikan urutan penyebab naiknya suhu mesin mobil.

Langkah pertama adalah memeriksa kerja dari radiator. Bila masih panas juga, tak ada salahnya bila mencurigai kerusakan pada thermostat.

Komponen thermostat merupakan komponen dalam mesin yang mempunyai fungsi untuk menstabilkan arus air yang berputar. Pada suhu tertentu, komponen ini membuka saluran hingga sirkulasi air dalam mesin mengalir ke radiator kemudian didinginkan kipas, ekstra fan dan hembusan air dari arah depan.

Jika masih panas juga, cobalah lihat water pump atau pompa air. Fungsi water pump adalah untuk memompakan air dalam mesin sehingga sirkulasi air berlangsung terus-menerus. Periksa juga performa switch suhu dan meter penara yang ada di speedometer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar